Jarot Buka Training Motivasi Sukses UNBK Tahun 2019


SINTANG. Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno,M.Med.PH membuka kegiatan Training Motivasi Sukses Ujian Nasionan Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2019 dengan tema “Sukses UN, Raih Impain” yang di laksanakan di Aula Pendopo Bupati Sintang, yang di ikuti perwakilan siswa/i SMA,SMK dan MA yang ada di Kabupaten Sintang. Rabu 13 Februari 2019.
Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua STAIMA Sintang Muhammad Faisal, sesepuh STAIMA Sintang Sofian Hamzah, aktivitis pesantren Tairman Elon dan Kabag Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Kurniawan,S.Sos.M.Si yang sekaligus sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut.
Jarot Winarno mengatakan dalam rangka menghadapi ujian nasional yang akan di selenggarakan pada tanggal 1,2,3,4 dan 8 april 2019 ini para pelajar diminta untuk mempersiapkan diri sehingga dengan kesiapan tersebut siswa/siswi tidak akan mengalami stress dan tekanan dalam dirinya saat menghadapai ujian nasional tersebut. “anak-anak ku sekalian ujian nasional itu hal yang biasa saja,karena untuk menggapai cita-cita yang tinggi kalian mesti melewati ujian nasional dulu jadi hal biasa aja ujian nasional ini, jangan juga lalu takut, stress, jangan pucat dan sebagainya, pasti hari ni pada sudah mulai pucat-pucat, mulai stres-stres” kata Jarot
bahwa setiap tahun pelaksanaan ujian nasional itu semakin berkualitas, untuk itu
siswa/siswi sendiri harus mengenal tantangan yang akan di hadapi, seperti ujian nasional para siswa harus tau kapan diujinya, mata pelajaranya apa saja, berapa jumlah soalnya dan harus lebih kenal secara detail kisi-kisi dari ujian tersebut dan juga yang perlu diketahuai para siswa/i juga dalam ujian nasioan itu akan di titipkan 15-20% soal-soal yang tergolong hots (hight order thinking skill) yakni soal-soal yang perlu kajian mendalam, analisa mendalam, karena tidak bisa mengandalkan hafalan saja yang memacu untuk berpikir.
“pelaksanaan ujiankan sekitar 6 minggu lagi, itu waktu yang sangat pendek, kalau kalian sudah kenali ujian nasional itu apa, kemudian manajemen waktu 6 minggu ini kalian belajar kisi-kisi soalnya seperti apa, tipe soalnya sepertia apa ada yang host, sedang dan ada yang mudah, strateginya seperti apa, barulah persiapan diri sendiri”pesan jarot.
Untuk itu juga dalam menghadapi ujian nasinal ini, para siswa/siswi untuk mengurangi bermain handphone atau gadget, stop sementara bermain media sosial, bermain game dan lainya yang bisa menggangu persiapan ujian nasional dan yang paling utama adalah harus mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena Tuhanlah yang bisa membantu dari apa yang sudah di persiapkan dan usahakan, serta para orang tua juga harus mengawasi anak-anaknya agar focus dalam menghadapi ujian nasional tersebut.
“batasi main gadget atau hp karena kalau sudah main hp pasti lama bahkan sambil makan pasti main hp, stop main medsos, kurangi nonton tv, batasi main game kalau bisa stop, 6 minggu jak bah, biar bis focus untuk menghadapi ujian”kata jarot.
Di tempat yang sama ketua STAIMA Sintang Muhammad faisal mengatakan kegiatan training motivasi ini bertujaun memberikan motivasi kepada para siswa/i agar dalam menghadapi ujian nasional april mendatang benar-benar bisa mempersiapkan diri baik dari mental, spiritual agar hasil ujian nasional nantinya bisa memberikan prestasi yang terbaik bagi para pelajar khususnya siswa/I kelas XII SMA,SMK dan MA.
“siswa yang ikut para pelajar di kota sintang, ada juga yang dari luar kota sintang juga, kita berharap dengan training motivasi ini, mereka lebih percaya diri, focus dalam menghadapi ujian nasional, dan kami juga meminta orang tua siswa/i untuk mengawasi putar/putrinya karena waktu pelaksanaan ujian nasional ini kan cuman sekitar 6 minggu lagi”kata faisal.

Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.