Tuah : Ekonomi Masyarakat Membaik Melalui Minat Bisnis Properti


Akhir akhir ini perkembangan bisnis properti di Kabupaten Sintang mulai mengalami peralihan. Hal ini ditandai dengan jika sebelumnya konsumen cenderung mencari kavlingan tanah, kini mereka lebih berminat untuk mencari hunian berharga murah. Akibatnya penjualan kavlingan tanah pun mengalami penurunan, berbanding terbalik, permintaan akan hunian rumah pun semakin tinggi.

Seperti yang diungkapkan oleh beberapa pengembang atau developer di Kabupaten Sintang, antara lain dari Sintang Real Estate, yakni Eko Joko Susilo, bahwa kerap kali dia menemui konsumen yang justru bukan untuk membeli tanah kosong, tetapi justru mencari rumah siap huni. Para pencari rumah hunian siap pakai ini kebanyakan adalah pendatang baru yang bekerja di Kota Sintang, sehingga dapat dipastikan mereka membutuhkan rumah tinggal.

“ Secara umum, bisnis properti di Sintang saya amati ada penurunan pada minat beli masyarakat terhadap kavling tanah. Kerap kali konsumen justru mencari perumahan. Kebanyakan mereka adalah pendatang baru, yang bekerja di kota. Mereka pasti mencari rumah tinggal, terutama perumahan yang murah , “ ungkap Eko Joko Susilo, dari Sintang Real Estate, salah satu pengembang di Kota Sintang.
Melihat bisnis perumahan yang kian menggeliat, anggota DPRD Sintang, Tuah Mangasih menilai, hal tersebut membuktikan bahwa daya beli masyarakat Sintang sudah semakin tinggi. Itu juga menandakan bahwa ekonomi masyarakat juga sudah semakin membaik.

“ Di Sintang akhir akhir ini banyak pengembang yang membangun rumah siap pakai dengan model yang sangat kekinian. Sebagai wakil rakyat, tentu saya menyambut gembira geliat ekonomi yang semakin baik ini, dan salah satu imbasnya adalah meningkatkan daya beli masyarakat , ” ucap Tuah Mangasih.

Kebutuhan akan rumah tinggal yang layak, menurut Tuah Mangasih, merupakan kebutuhan utama manusia. Baginya, rumah bukan hanya sebagai tempat tinggal, berteduh dari panas dan hujan, namun juga menjadi tempat rekreasi keluarga. Hal itu pun, kata dia, bisa dilihat dari bentuk rumah sekarang saat ini yang minimalis namun sangat menarik.

Oleh sebab itu, Tuah Mangasih juga meminta kepada para pengembang atau pihak developer perumahan agar membangun rumah dengan kualitas yang baik, supaya masyarakat tidak dirugikan dan merasa senang. Begitu pula kepada Pemda atau pemerintah kabupaten, untuk dapat hadir dalam bidang bisnis perumahan siap huni tersebut. Dengan demikian semua pihak semuanya dapat diuntungkan, baik itu pihak konsumen atau pembeli rumah tersebut, maupun pihak pengembang atau pihak developer perumahan.( Rz )

Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.