BUPATI SINTANG LETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN SEKRETARIAT JEMELAK LESTARI

 

Bupati Sintang dr H Jarot Winarno melakukan peletakan batu pertama pembangunan sekretariat Jemelak Lestari (Jelas) pada Kamis, 24 Oktober 2019. Lokasi pembangunan Sekretariat Jelas persis disamping Kantor Lurah Akcaya yang memang masih satu kawasan dengan Danau Jemelak. 

“saya sangat memberikan perhatian kepada kelompok masyarakat yang mau mengikrarkan diri untuk menjaga alam dan lingkungan ini, Saya sudah mengeluarkan surat keputusan terhadap status 12 danau lindung di Kabupaten Sintang, salah satunya adalah danau jemelak ini” kita tahu bahwa upaya masyarakat Kelurahan Akcaya dalam memperkenalkan Danau Jemelak ini sudah dilakukan sejak tahun 2018 lalu  dan tahun 2019 ini akhirnya masyarakat disini membentuk sebuah organisasi yang diberi nama Jemelak Lestari atau Jelas. 

Pemkab Sintang sangat menghargai upaya dan komitmen dari masyarakat seperti ini. Untuk itu, kita sudah berikan bantuan dana untuk Jelas membangun sekretariatnya”. Maka kami sangat mendukung konsep-konsep yang JELAS lakukan untuk menjaga danau ini. Organisasi Jelas ini akan di bantu oleh Tim dari World Wide Fund for Nature (WWF) dan Sintang Fresh Water Care. Silakan saling bekerjasama dalam menjaga dan mengembangkan Danau Jemelak ini” pesan Bupati Sintang.

“saya berharap, nanti jika sekretariat Jelas ini sudah jadi.  Saya ingin Jelas bisa lebih mengumpulkan dan bisa mengayomi masyarakat lain yang peduli terhadap lingkungan dan peduli pada kawawan Danau Jemelak ini. Sekretariat ini bisa  menjadi wadah berkumpul nanti. saya harapkan menjadi tempat diskusi-diskusi untuk merancang program dan rencana untuk menjaga, melindungi dan mengembangkan Danau Jemelak dan danau lainnya. harap Jarot

Lurah Akcaya Edi Hartono menjelaskan bahwa bangunan ini nanti akan dipergunakan oleh organisasi Jemelak Lestari sebagai sekretariat. Bangunan ini nanti berukuran 6 x 9 meter, terangnya. “terima kasih kepada Bapak Bupati Sintang yang telah membantu pembangunan gedung untuk sekretariat Jelas. Bagi saya pembangunan sekretariat  ini merupakan tahap awal upaya Pemkab Sintang untuk memperkuat organisasi Jemelak Lestari.” tambah Edi Hartono.

Sementara Larry Hans Didink Ketua Jemelak Lestari menjelaskan bahwa organisasinya sudah memiliki akta notaris dan sudah terdaftar di Kesbangpol Kabupaten Sintang. “apa yang sudah kita lakukan dan direncanakan untuk Danau Jemelak ini sudah mendapatkan dukungan juga dari DPRD Sintang, dinas terkait dan seluruh masyarakat di Kelurahan Akcaya. Katanya.

Linkungan Temu Kabupaten Lestari (LKTL) juga sudah melakukan pengambilan gambar tentang upaya dan keberhasilan Kabupaten Sintang dalam menjaga lingkungan di Danau Jemelak ini. Kami tentunya terbuka terhadap saran dan pendapat dari siapa saja untuk menjaga, melindungi dan mengembangkan kawasan Danau Jemelak ini” pungkas Larry Hans Didink.
Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.