*BUPATI SINTANG TINJAU PROGRES PEMBANGUNAN PUSKESMAS JASA*


Satu lagi fasilitas kesehatan yang disediakan Pemerintah untuk melayani masyarakat, yang terletak di perbatasan antara Indonesia dan Malaysia, yakni Puskesmas Jasa terletak di Desa Jasa, Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang yang tak jauh dari negeri seberang akan berdiri megah, dengan hal tersebut, Bupati Sintang langsung turun kelapangan guna melihat progres pembangunan Puskesmas Jasa didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh, pada hari Selasa, (15/10/2019). 

Bupati Sintang, Jarot Winarno memberikan apresiasi kepada pihak yang telah memiliki inisiatif untuk membangun Puskesmas di Desa Jasa, “kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang itu pandai, dia memiliki inisiatif yang bagus, punya inisiatif untuk membangun puskesmas disini, tentunya tidak terlepas atas kerjasama dengan masyarakat yang memiliki alat yang lengkap, ini luar biasa”, ucap Jarot. 
Menurut Jarot, dengan dibantunya oleh masyarakat yang memiliki peralatan yang lengkap, dapat memacu pembangunan Puskesmas, “ini sebenarnya deviasi sekitar 12% dari masa normalnya, seharusnya sudah bertambah, tetapi dengan dibantu oleh masyarakat, tentunya proses pengerjaan pembangunan puskesmas ini akan cepat, karena peralatan sudah lengkap, nanti tinggal meubeler saja yang masuk, sungguh luar biasa”, tuturnya.

Masih kata Bupati Sintang, terkait pembangunan Puskesmas ini tak terlepas dari dukungan dan bantuan dari tokoh masyarakat desa Jasa, “pak Laman inilah yang sudah sedia menghibahkan atau menyumbangkan tanahnya untuk pembangunan puskesmas Jasa ini”, ujarnya. 

Selain itu juga, Jarot menambahkan bahwa ketika sudah dibangun Puskesmas Jasa ini, tepat berhadapan dengan Puskesmas Jasa akan dibangun Kecamatan Jasa, “didepan puskesmas ini direncanakan akan dibangun Kecamatan Jasa, kalaulah berhasil dimekarkan”, tambahnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh, mengatakan bahwa dengan berdirinya Puskesmas Jasa ini maka bertambahlah Puskesmas yang ada di Sintang, “sejauh ini yang eksisting ada 20 Puskesmas, kemudian pada bulan Agustus 2019 kemarin kita ada nambah 1 Puskesmas sehingga menjadi 21 Puskesmas, dan Puskesmas Jasa ini adalah puskesmas ke 22 yang ada di Kabupaten Sintang”, kata Sinto.

dr. Harysinto Linoh menjelaskan pembangunan dan fasilitas yang akan ada di Puskesmas Jasa, “Puskesmas Jasa ini dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi Tahun anggaran 2019 dengan Pagu 8 Milyar, kemudian Puskesmas Jasa ini adalah puskesmas rawat inap, nantinya ada 15 tempat tidur, dengan peralatan yang lengkap, tenaga medis, perawat medis yang lengkap”, jelasnya 

Kadinkes Sintang beralasan bahwa dengan dibangunnya puskesmas ini agar masyarakat tidak berobat ke negeri seberang, “alasan kami membangun puskesmas Jasa ini adalah  pertama jarak dari Desa Jasa ke Desa Senaning inikan cukup jauh, belum lagi akses jalan yang belum begitu baik, kemudian ada masyarakat dari Desa Jasa ini berobat ke negeri seberang, jadi kita mau masyarakat berobat di Negeri Sendiri, nah itulah alasan kami membangun ini”, tuturnya

Tetapi, sambung dr. Sinto, selama ini di Desa Jasa sudah ada fasilitas kesehatan seperti Pustu dan Polindes, “tapi yang saya inginkan dengan adanya Puskesmas di Jasa ini ada tenaga dokter, tenaga medis dan perawat medis yang standbye sehingga masyarakat tidak perlu berobat ke negeri seberang”, ucapnya. 

dr. Harysinto Linoh optimis pembangunan Puskesmas Jasa akan cepat selesai, “hari ini kita sama pak Bupati meninjau langsung, progresnya saat ini sudah 30%, kita berharap pembangunan ini selesai pada awal Desember 2019, kita pacu terus pembangunannya”, harapnya.
Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.