Dewan Minta Data Ulang Penerima PKH




Anggota DPRD Sintang, Sandan mengatakan kunci suksesnya pelaksanaan penyaluran bantuan sosial melalui Program Keluarga Harapan (PKH) adalah dengan data yang akurat, sehingga penyaluran bantuan tersebut bisa tepat sasaran. Hal tersebut dikatakannya terkait dengan adanya dugaan penyelewebgan dalam penyakuran bantuan PKH tersebut, berdasarkan laporan masyarakat kepada dirinya. Oleh sebab it ia meminta peran Pemerintah Dasrah melalui Dinas Sosial dan Pemerintah Desa melakukan pemutahirlan data penerimaa agar ya g menerima bantuan tersebut tepat sasaran.

“ada indikasi berdasarkan laporan masyarakat bahwa telah terjadi penyimpangan dalam pendataannya. Yang seharusnya mendapatkan bantuan justru tidak terdaftar, malahan keluarga yang dinilai mampu itu yang menerima bantuan PKH,” kata Sandan, Minggu (3/5/2020).

Ia juga menyarankan agar rumah tangga yang mendapatkan bansos PKH, tempat tinggalnya diberi label tulisan. Ia menegaskan agara Pemerintah Kabupaten Sintang dapat mencontoh daerah lain agar bantuan tepat sasaran. Dikatakan Sandan bila perlu Pemerintah Labupaten Sintang mengikuti  jejak Kabupaten Lombok Timur  yang memasang label rumah miskin  bagi perima manfaat bantuan PKH, agar bisa di lihat jelas apakah yang bersangkutan berhak atau tidak sebagai penerima bantuan PKH yang di maksud.

Sebagai wakil rakyat, dirinya tidak ingin program bantuan sosial dari pemerintah pusat melalui PKH tersebut salah sasaran, hanya karena minimnya validasi data. Oleh sebab itu ia akan terus meminta laporan dari masyarakat, agar tidak ada lagi  penerima yang tidak tepat sasaran.
Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.