Sebagai Warisan Tak Benda Dari UNESCO, Sekda Minta IKM Berlatih Serius Kembangkan Tenun Ikat Kabupaten Sintang


SINTANG 4 Agustus 2020. Bertempat di Aula SMK Kartini Sintang Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si membuka pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis Bagi Industri Kecil dan Menengah.

Kegiatan kali ini khusus IKM Fashion Tenun ikat yang  akhir-akhir ini mengalami dampak dari pandemi Covid-19 Tahun 2020 di Kabupaten Sintang.
Pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah menyampaikan sangat berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sudah membina dan meningkatkan kemampuan industri kecil dan menengah di Kabupaten Sintang khususnya yang bekerja di bidang fashion tenun ikat.

“kami memiliki potensi tenun ikat yang sangat baik bahkan sudah diakui oleh Unesco sebagai salah satu warisan budaya tak benda. Kami mendukung adanya kreasi baru produk tenun yang bisa menarik minat konsumen untuk membeli produk turunan dari tenun ikat. Ungkap nya"

Kami berharap ilmu dan pengalaman yang diturunkan oleh narasumber nanti  bisa meningkatkan kreativitas dan kualitas produk industri kecil di Sintang. Saya berpesan kepada peserta untuk serius mengikuti bimtek, selalu bertanya dan menggali pengalaman dari narasumber. Saya berharap pada pelaku IKM di Sintang mampu membuat produk fashion yang lebih baik sehingga diminati konsumen khususnya kaum muda” terang Yosepha Hasnah

“Kami juga memiliki potensi bahan rotan dan bemban. Kalau Pemprov Kalbar melalui Disperindag Provinsi Kalbar jika masih ada anggaran untuk pelatihan. Ke depan, kami siap menjadi tempat pelaksanaan pelatihan khusus anyaman rotan dan bemban. Karena rotan dan bemban ini sangat menarik jika dibuat anyaman seperti tanggui, tas, bakul, tikar, dan produk anyaman lain yang memang diminati turis asing dan kita juga bangga bisa memakai tanggui. Karena saat ini ada kecenderungan masyarakat untuk kembali ke sesuatu yang alami atau menggunakan produk dari alam” harap Yosepha Hasnah

Editor : elo


Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.