Pemkab Melawi Peringati HUT Ke-17


Melawi, Infosatunews.com - Peringatan hari jadi Kabupaten Melawi ke-17 tahun dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Melawi Km. 7  jalan Kota Baru-Nanga Pinoh. Dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan teks Pancasila, perayaan HUT Kabupaten Melawi Ke-17 tahun tampak hikmat. Jumat (18/12/20).

Bupati Melawi Panji, S.Sos selaku inspektur upacara. Hadir Wakil Bupati Melawi H. Dadi Sunarya Usfa Yursa, Ketua DPRD Kepala Kejaksaan Negeri Sintang, LO Dandim, PA Nanga Pinoh, Sekda, Ketua TP. PKK, Ketua GOW, KETUA DWP, Kakan Kemenag, Kepala BPD Bank Kalbar, Kepala BPN.

Dalam sambutanya Bupati Melawi Panji, S.Sos menyampaikan terima kasih  dan apresiasi setinggi tingginya kepada semua pihak baik pimpinan maupun anggota  dewan yang terhormat, aparatur pemerintah, tokoh masyarakat, alim ulama dan cendekiawan serta seluruh elemen  masyarakat  kabupaten melawi  yang telah mendorong terbangunnya suasana kondusif di bumi uranium ini.  Karena dalam  suasana yang aman, tentram, damai dan demokratis  inilah  kita dapat melaksanakan tahapan pembangunan   daerah kita dengan sebaik-baiknya.

“ Seiring berjalannya waktu, tidak terasa kabupaten melawi hari ini, tepat berusia yang ke 17 tahun.  Sudah bertahun-tahun lamanya kita bersama-sama dalam suasana suka, gembira dan bahkan duka menata kehidupan sebagai sebuah daerah yang otonom sejak tanggal 18 desember tahun 2003. Kita menyadari usia 17 tahun bagi kabupaten melawi menyimpan banyak kisah dan peristiwa yang penuh dengan perjuangan, tantangan dan hambatan yang tentunya akan membuat kita semakin matang dan dewasa. Dalam massa pemerintahan yang saya pimpin, mengacu pada pembangunan dengan spirit bersama untuk bangkit dari keterpurukan dengan mengajak semua kita menambah laju atau kecepatan dalam bekerja untuk membangun daerah ini.  Maka dalam masa perjalanan tersebut, kita  masih melakukan konsolidasi internal dan memberikan penguatan, intervensi serta merubah paradigma berfikir kita dengan selalu mengingatkan pada satu kata kunci kemajuan yaitu “change“ atau “perubahan”. Karena kita menyadari bahwa perubahan secara individu ataupun bersama-sama pada pola pikir dan cara memandang kehidupan akan sangat menentukan arah dan orientasi kita dalam bekerja dan membangun daerah ini. Karena itu, sebagai konsekuensi logis dari perubahan tersebut diperlukan kemampuan yang cerdas dan cermat dalam memandang diri dan lingkungan kita, mengenali kemampuan dan kelemahan yang kita miliki, mendayagunakan potensi dan kesempatan yang ada melalui perencanaan yang akurat dan terukur, “ dibacakannya.

Masih dalam sambutanya Bupati Melawi, setiap momentum hari jadi kabupaten melawi, kami yakin akan ada semacam daya dorong atau motivasi dari seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan (stake  holder) pembangunan di daerah ini untuk berpacu membangun dengan bekerja cepat, lebih cerdas dan giat sehingga terjadi percepatan dalam berbagai sektor pembangunan.

Melalui momentum hari jadi kabupaten melawi ke-17 ini, mari kita perkuat persatuan dengan keberagaman budaya sehingga semakin menumbuhkan dan meningkatkan semangat kebersamaan dan persatuan kita semua dalam berbagai aspek kehidupan dengan memanfaatkan potensi-potensi daerah yang kita miliki agar kabupaten melawi semakin  memiliki daya saing tinggi yang akhirnya dapat sejajar dengan daerah lainnya.

Pada kesempatan yang baik ini, saya menaruh harapan besar kepada seluruh perangkat pemerintah daerah untuk mewujudkan pemerintah yang bersih, untuk itu pemerintah berkomitmen untuk memperkuat kelembagaan dan kapasitas sehingga bisa menjawab harapan masyarakat.

Selama beberapa tahun ini kami telah berhasil mendapatkan kepercayaan publik. Hal ini tentunya harus diberikan apresiasi, disyukuri bersama. Kepercayaan publik yang telah diraih harus terus dipertahankan, ditingkatkan dengan terus bekerja secara lebih profesional, lebih intensif, dan berkesinambungan sehingga dapat tetap menjaga kewibawaan lembaga.

Saya percaya kelembagaan pemerintah daerah melawi sudah berjalan dengan baik sehingga walaupun nantinya ada pergantian pimpinan tidak akan mempengaruhi kinerja, harus dijaga sebagai lembaga yang independen, yang bebas dari pengaruh kekuatan-kekuatan politik. Independensi pemerintah harus didorong terus melalui langkah-langkah hukumnya yang profesional, yang kredibel, yang transparan, dan yang akuntabel.

Sikap ini pula yang akan menjadi kekuatan tersendiri bagi pemerintah dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan. Saya juga berharap dapat meningkatkan sinergi antar lembaga.  Kita memerlukan pemerintah yang kuat, memerlukan kepolisian yang kuat, memerlukan kejaksaan yang juga kuat demi perkembangan dan kemajuan melawi.

Pemerintah kabupaten melawi menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada muspida, aparatur pemerintah dan tokoh masyarakat yang selama ini telah mendarmabaktikan karya dan pengabdiannya untuk kemajuan kabupaten melawi. Kebersamaan dan kekompakan yang selama ini telah terjalin baik, hendaknya dapat terus kita tingkatkan di masa-masa mendatang untuk membangun masyarakat dan kabupaten melawi.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini saya mengajak masyarakat untuk meningkatkan dan mempererat persaudaraan. Saya berharap kita semua dapat berperan aktif serta terus bersinergi dengan baik dalam setiap gerak pembangunan di kota ini dan terus menjaga keadaan aman, stabil dan kondusif. Saya berharap kita dapat mempertebal semangat kesatuan, sebagai bangsa satu tanah air dan dapat meningkatkan rasa cinta kepada sesama dan umat manusia. Ini merupakan sebuah nilai terpenting yang perlu kita terapkan bersama dalam hidup bernegara.

Kemudian saya juga ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh mantan penjabat bupati/wakil bupati yang telah diberikan mandat untuk memimpin kabupaten melawi. Tetaplah berkarya demi masyarakat melawi, karena pengabdian yang tulus tidak dapat dibatasi oleh jabatan, dan kita semua memiliki kewajiban untuk memberikan sumbangsih dalam bentuk apapun kepada bangsa dan negara kita. Selain itu, mari kita bersama-sama memutus mata rantai penyebaran covid-19 di kabupaten melawi dengan selalu mematuhi protokol kesehatan.

“ Dirgahayu kabupaten melawi yang ke-17 tahun,  mari rayakan peringatan hari jadi kabupaten melawi dengan penuh kegembiraan dan sukacita, “ tutupnya.


Disela acara dilaksanakan penyerahan sertifikat hibah tanah untuk Kejaksaan Negeri Sintang, Kantor Pengadilan Agama Nanga Pinoh dan Kantor BPN Kabupaten Melawi.

Kemudian penyerahan hibah kendaraan roda empat kepada Yayasan Mawar, Desa Beloyang dan Kantor BPN Kabupaten Melawi.

Dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba desain logo hari jadi Kabupaten Melawi Ke-17 kepada Eksianus juara 1. Bagus Afrizal Favorit 1 dan Ahmad Yani Favorit 2. Serta penyerahan juara satu beasiswa pembinaan duta genre. Acara ditutup dengan ramah tamah bersama seluruh undangan.

Penulis / Publis : Bagus Afrizal..

Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.