Ireng Maulana:”Pemetaan Dilakukan Dengan Skema Multi Kepentingan”

 


SINTANG- 28 Maret  2022 Swandiri Inisiatif Sintang (SIS) melaksanakan diskusi pengenalan model pemetaan dan penyepakatan desa intervensi dalam isu tematik Pemetaan dan Perencanaan Tataruang desa berbasis sumberdaya alam.

Ditempat yang sama Aldo Topan Rivaldi bagian dari FORSTAR mengatakan, bahwa sosialisasi terkait pemetaan perlu sosialisasi dan saat ini sendiri FORSTAR sudah punya media sosial yang merupakan salah satu langkah yang tepat dalam transfer pengetahuan bagi warga desa dan FORSTAR siap memfasilitasi Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) maupun Pemerintah Desa melalui platform digital yang dimiliki tersebut,katanya

Sementara itu Singlum juga menambahkan bahwa dalam melakukan sosialisasi dan pelaksanaan proses pemetaan perlu melihat tipikal masyarakat di desa yang berada di perkotaan dan di desa yang berada di pedesaan agar di dalam proses berjalannya pemetaan dan perencanaan tataruang di desa terdapat partispasi kolaboratif parapihak,katanya.


Sementara itu Menurut Ireng Maulana dari SIS, pemetaan dan tataruang desa yang akan dilakukan melalui model yang di susun memilki basis/skema antaralain kewenangan, potensi dan ancaman, perkembangan desa, desa di perkotaan dan desa di pedesaan, serta penggunaan lahan,ujarnya.

Ditambahkannya, setelah tersepakatinya model pemetaan dan penentuan desa intervensi melalui pengklusteran desa berdasarkan kondisi terkini proses pemetaan di masing-masing desa. Maka diskusi dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara penyepakatan desain pemetaan batas desa dan perencanaan tataruang untuk memperkuat tatakelola pemerintahan desa yang baik ,ujarnya.

Sementara itu Jaka Kembara dari SIS juga menyampaikan, yang kemudian dipilih Desa Tertung yang mana belum dilaksanakan penyepakatan batas desa dengan empat desa berdampingan lainnya yaitu Desa Lalang Baru, Desa Tebing Raya, Desa Sungai Ana, dan Desa Mail Jampong,katanya.

Hadir dalam acara diskusi ini perwakilan dari sebelas desa yaitu Desa Baning Kota, Desa Sungai Ana, Desa Martiguna, Desa Tertung, Desa Mail Jampong, Desa Kebiau Baru, Desa Tanjung Kelansam, Desa Mungguk Bantok, Desa Jerora Satu, dan Desa Tebing Raya, Camat Sintang, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD).(ISN)

Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.