Angkatan 1388 Gelar Reuni Akbar dan Silaturahmi

SINGKAWANG - Infosatunews.Com,  Angkatan 1388 atau yang dikenal dengan NRP 621,  Kamis sore (2/3) melakukan Reuni akbar. Reuni akbar tersebut digelar di sebuah cafe di jajaran Grand Mall, jalan Tani Singkawang, Kalimantan Barat.

Reuni akbar NRP atau  leting 621 adalah para anggota TNI Aktif maupun yang sudah tidak aktif lagi melebur menjadi sebuah komunitas yang disebut Komunitas 621 Pasir Panjang dan yang dikukuhkan menjadi Komunitas 1388. Arti dari 1388 sendiri adalah para prajurit tersebut dilantik pada tanggal 1 bulan 3 (Maret) 1988.

Adapun anggota 1388 yang berada di Kota Singkawang ada sekitar 15 orang.  Di Kalbar leting 621 sebagian besar saat ini bertugas di Jajaran Kodam  XII/ Tanjungpura. Tapi  anggota yang sudah pensiun dini dan atau yang mengundurkan diri dari prajurit juga ikut andil bagian dalam acara reuni ini. Bahkan,  para isteri prajurit atau Ibu Persit Kartika Candra Kirana itu, kemarin turut hadir mendampingi sang suami tercinta.

Kordinator Reuni yang sekaligus sebagai Komandan Provost Kodim 1202/Skw, Sertu Sugiman mengatakan bahwa reuni akbar ini digelar untuk pertama kalinya. Namun demikian reuni kali ini terlihat jauh berbeda dan lebih semarak karena semua peserta reuni menggunakan kostum atau seragam khusus yang bertuliskan 1388, dan merah putih di lengan kanan. Ini mengigatkan dan mengikat alumni 1388 Pasir Panjang, ujar Sugiman.

Sementara, Kopka Surawan selaku inisiator acara menjelaskan bahwa kegiatan ini pada intinya menjalin rasa persaudaraan antar se sama angkatan 621.

Selain itu kata Surawan  bahws acara ini untuk memupuk jiwa korsa. Karena doktrin tentara adalah abadi dan perlu di pupuk dan dipertahankan  maka dari itu jiwa corp masih melekat hingga akhir hayat mereka.
"Jumlah keseluruhan angkatan 621 ada sekitar 142 orang. Dan sebagian  ada yang bertugas di tanah jawa atau tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Meskipun jauh, leting 621 selalu menjalin komunikasi terus. Komunikasi dilakukan melalui WA group" ujar Surawan.

Ia berharap dan berupaya, tahun depan akan digelar lebih semarak lagi,
ujar Surawan yang juga mantan prajurit Yonif 641/Raider ini.

Perwakilan dari Kabupaten Sambas, Sersan Wasino, menyambut baik acara ini
"Saya datang jauh jauh sekitar 100 lebih kilo, hanya ingin bertatap muka dengan leting saya. Saya rindu dengan mereka. Karena kenangan pahit suka dan duka saat pendidikan Tamtama tak kan pernah aku lupakan sepanjang hayat. Yang jelas silaturahim itu penting," kata Wasino, yang bertugas di Koramil Sekura.

Berbagai agenda juga dibahas dalam reuni akbar kali ini seperti donasi organisasi setiap bulannya dan arisan rutin. Sementara, Sersan Sarman menimpin doa bersama yang dilanjutkan dengan acara makan bersama.  (aw).

Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.