Hut Satpam Ke-39 Di Kabupaten Sintang


Bertempat dihalaman Kantor Pengadilan Agama Sintang, Rabu (22/01/2020) pukul 08.00 WIB Polres Sintang menggelar upacara dalam rangka Hut Satpam yang Ke-39 dengan tema ”Satuan Pengamanan Berbasis Kompetensi Mewujudkan SDM Unggul Untuk Terciptanya Situasi Kamtibmas Yang Kondusif Dan Terjaminnya Keamanan Di Lingkungan Kerja Menuju Indonesia Maju”.

 Dalam kesempatan upcara ini, Kapolres Sintang AKBP Adhe Hariadi, S.I.K., M.H bertindak sebagai Inspektur Upacara yang mana hadir juga Forkopimda beserta Pejabat Utama Polres Sintang. Adapun peserta upacara ini terdiri dari masing-masing satpam dari seluruh instansi khususnya yang ada dikabupaten Sintang seperti Rumah Sakit, Perbankan, Instansi Pemerintahan dan Perusahaan-perusahaan lainnya. 

Damanatnya Kapolres Sintang membacakan sambutan bapak Kapolri bahwa peringatan hari jadi satpam merupakan momentum yang amat penting dan berharga selain untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, juga sebagai sarana Intropeksi dan mengkaji diri tentang berbagai hal.

 Dari amanat yang disampaikan Bapak Kapolri, ada beberapa point penting amanat yang disampaikan seperti senantiasa menjaga kesehatan, memegang teguh kode etik satpam, meningkatkan kesiapsiagaan terhadap gangguan keamanan, meningkatkan kompetensi diri, meningkatkan kerjasama yang sinergis bersama dengan TNI-Polri serta stakeholder terkait dan yang terakhir tidak kalah penting yaitu untuk menggelorakan budaya penanaman pohon di lingkungan kerja dan sekitarnya sebagaimana yang dimaksud dalam program Kapolri.

 “Oleh sebab itu, hendaknya dibarengi dengan memperkuat Tiga Pilar utama penyangga industrial security yaitu sistem peralatan dan personel pengamanan melalui upaya upaya ril yang bersifat sinergis, simultan dan berkesinambungan dari seluruh stak holder industrial security,” ujar Kapolres diakhir amanat. Kapolres Sintang juga menyampaikan bahwasanya Polri berupaya maksimal mungkin untuk mensejahterakan pekerjaan satuan pengamanan dengan profesi lain. Karena itulah, saat ini juga tengah disusun peraturan Kapolri tentang profesi anggota satuan pengamanan.

 “Yang belum sepenuhnya secara baik kita lakukan serta sebagai batu pijakan untuk dapat terus memperbaiki diri demi mencapai masa depan agar supaya lebih baik dan gemilang,” tambahnya. Kemudian, guna mewujudkan postur Satpam yg semakin unggul dan profesional maka diperlukan sistem manajemen SDM yang optimal, diantaranya proses perekrutan yang selektif serta peningkatan kapasitas yang berkualitas.

 “Jadikan momentum ini sebagai pedoman untuk upaya perbaikan dan penyempurnaan dalam rangka mengoptimalkan peran Satpam, sebagai mitra atau perpanjangan tangan Polri,” ucap AKBP Adhe Hariadi sekaligus menutup amanat. (Cal)
Diberdayakan oleh Blogger.