Ronny Harap Kapal Bidar Pelangi Jubair Menjadi Icon Wisata Air Kabupaten Sintang


Photo by:Diki

 Kamis (20/02/2020). Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny menghadiri acara launching kapal wisata besutan Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) sekaligus peresmian rumah jawatan Bupati Sintang.
Photo by:evi
“Pertama-tama saya mengucapkan selamat karna hari ini telah diresmikannya kapal wisata yang diinisiasi oleh seluruh pengurus MABM Sintang. Hal ini sangatlah membanggakan kita, mengingat wisata air di Sintang belum ada,” kata Ronny. “Mudah-mudahan itu akan menjadi ikon bagi Kabupaten Sintang. Saya juga berharap kedepannya di perahu itu juga akan tersedia wisata kuliner. Jadi wisata air plus wisata kuliner,” tambahnya. 

Kapal wisata MABM ini dinamakan ‘Bidar Pelangi Jubair’. Proses pembuatannya selama 5 bulan. Kapal ini memiliki panjang 20 meter dan lebar 6,5 meter serta tinggi mencapai 7 meter, dibagi menjadi 2 lantai. Daya tampungnya sekitar 120 orang atau kurang lebih kapasitas 7 ton. Didalam kapan juga dilengkapi dengan fasilitas keselamatan yang sesuai standar. 

“Kedua, kita juga mengucapkan selamat atas diresmikannya rumah jawatan Bupati Sintang. Yang mana kita ketahui bahwa rumah ini telah terbakar pada Juli 2018 yang lalu,” ujar Ronny lagi. “Yang luar biasa adalah bahwa bangunan itu dibangun kembali seperti sediakala, seperti saat sebelum terbakar,” sambungnya. 

Pelayaran menyusuri Sungai Kapuas selama kurang lebih 2 jam berlabuh di dermaga di depan rumah jawatan Bupati Sintang. Para pimpinan daerah itu disambut dengan tarian barongsai dan tarian adat Dayak. Sebelum memasuki rumah tersebut, diadakan upacara adat menginjak telur dan tanah di depan tangga.

“Bagi seluruh masyarakat Sintang, ayo sama-sama kita lestarikan budaya yang ada di Sintang. Dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan masyarakt Sintang yang majemuk,” ajak Ronny. “Kita selaku anggota DPRD Sintang juga akan mensupport penuhlah kegiatan-kegiatan yang memang bisa menambah objek wisata di Kabupaten Sintang,” pungkas Politisi Partai Nasional Demokrat itu.

Tampak hadir pada acara tersebut, anggota DPRD Sintang lainnya, Santosa,S.Ap, Ghulam Raziq S.T, Lim Hie Soe, Drs. Senen Maryono M.Si, dan Zulherman. Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Ketua MABM Provinsi Kalimantan Barat, Prof .Dr. Chairil Anwar. 

Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.