Ketua DPRD Kabupaten Sintang Hadiri Kegiatan Bantuan Sosial Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19



Sintang - 06/04/2020. Bertempat di Kantor Camat Sintang, Pemkab Sintang Melalui Instansi Terkait Melaksanakan Kegiatan Bantuan Sosial Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19 di kabupaten Sintang yang nampak di hadiri Bupati Sintang dan ketua DPRD Kabupaten Sintang Florensius Ronni.

“Kita tidak henti-hentinya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Sintang yang mana kita tahu bahwa hari ini mendistribusikan beras kepada 35.759 kepala keluarga. Kita tahu bahwa bantuan ini berasal dari bantuan provinsi, yang artinya teman-teman di kabupaten ini cepat tanggap atas situasi yang ada. Selain itu juga sudah disiapkan 100 ton untuk keluarga diluar keluarga harapan namun terkena dampak covid 19. Ini sungguh luar biasa,” puji Ronny. “Kita di DPRD pada intinya selalu berkoordinasi, selalu bekerjasama karna kita juga tergabung di tim gugus penanganan covid 19 ini,” sambung politisi Partai Nasional Demokrat itu lagi.

Adapun Bantuan yang Di salurkan berupa Beras. beras tersebut merupakan bantuan dari pemerintah Provinsi Kalbar untuk Kabupaten Sintang melalui Dinas Sosial Kabupaten Sintang sebanyak 715.180 kilogram, yang di salurkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) bantuan sosial beras sebanyak 35.759 KPM, dimana masing-masing KPM menerima 20 kilogram beras/KK.

Program bantuan sosial beras dari Dinas Sosial ini merupakan bagian dari Program Jaring Pengaman Sosial (Social Safety Net) dari Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Bantuan Non Tunai (BNPT) / Program SEMBAKO.

“Setiap Desa penerima bantuan sosial beras ini supaya merelokasi Anggaran Dana Desa (ADD) masing-masing sekitar Rp. 5 jt/desa sampai dengan Rp. 15 jt/desa, untuk biaya distribusi bantuan sosial tersebut, yang disesuaikan dengan jumlah KPM dan Jarak tempuh dari Kecamatan menuju ke Desa masing-masing”, ujar jarot.

Jika ada masyarakat terdampak COVID 19 tapi Tidak Masuk dalam Keluarga Penerima Manfaat (KPM), diharapkan kepala Desa segera mengusulkan kepada Pemerintah melalui Dinas Sosial Kabupaten Sintang.
“untuk masyarakat terdampak COVID 19, kita sudah menyiapkan bantuan beras sebanyak 100 Ton Tahap 1, bersumber dari APBD Kabupaten Sintang untuk meringaknkan beban saudara-saudara kita, khusus yang tidak masuk dalam KPM”, ujar Jarot.

“Penyaluran program bantuan sosial beras kepada KPM akan di Distribusikan melalui Bulog bekerjasama dengan TNI/POLRI beserta jajarannya akan membantu mengantar kerumah masing-masing, bapak/ibu KPM tetap tinggal dirumah, biarlah petugas yang mengantar kerumah bapak/ibu masing-masing.

Mekanisme pendistribusian ini harus diperhatikan guna mengantisipasi Jarak Sosial (Social Distancing) dan menjaga Jarak Fisik (Physical Distancing)”, pungkas Jarot.

Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.