Dewan Sarankan Kerja Sama Lintas Sektoral Untuk Atasi Stunting



Hal Tersebutlah Yang Di sampaikan Oleh politisi Partai demokrat Markus Jembari Menyikapi Masalah stunting Di kabupaten Sintang. Dirinya Sangat Mengapresiasi Pendeklarasian Desa ODF (Open Defecation Free ) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan, Guna Mengurangi Angka Stunting Di Kabupaten Sintang ini.

Markus Jembari menerangkan bahwa diperlukan kerjasama lintas sektoral seperti yang Di smapaikan Oleh Ketua Bapeda Kabupaten Sintang Saat melakukan Deklarasi Desa ODF Bersama Bupati Beberapa waktu lalu di Desa Mensiap Baru, agar persoalan stunting akibat BAB sembarang dapat dituntaskan di semua desa dan kelurahan di Sintang.

"Perlu kerja sama lintas sektoral untuk menurunkan stunting. Tak hanya pemerintah namun juga perlu melibatkan lintas sektor," katanya.

Sebelumnya, dalam acara deklarasi di desa Mensiap Baru, kepala BAPPEDA Sintang , Kartiyus memberikan contoh kerjasama lintas sektoral yakni dengan Dinas Pemdes.

Jadi apabila desa mengajukan APBDesnya tidak menganggarkan untuk pencegahan stunting contohnya untuk pembuatan jamban sehat, makanan tambahan di posyandu, Kepala Dinas Pemdes tidak mau tanda tangan APBDesnya, itulah komitmen pemkab untuk mencegah stunting," terang Kartiyus.

Menurut Markus Jembari, Sebelumnya, data Bappeda Kabupaten Sintang, menyebutkan sejak kampanye stunting dimulai 2018, baru 9 desa yang sudah ODF, dan sampai dengan 2020 ini sudah 60 desa yang di deklarasikan sebagai ODF. Dirinya menambahkan, dengan sudah ada 60 desa ODF, menandakan perilaku masyarakat desa-desa di Sintang mengalami perubahan seiring pelaksanaan program Open Defecation Free (ODF) atau tidak membuang air besar sembarang.

"Nah...kita berharap sosialisasi makin digencarkan, sehingga target 150 desa sampai akhir tahun 2020 dapat terealisasi. Artinya bahwa pe¬ning¬¬katan kesadaran akan lingkungan sehat itu meningkat. Mereka tidak membuang air besar sembarang, karena sebelumnya telah mengikuti sosialisasi," kata Markus Jembari.

Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.