Derasnya Curah Hujan Dalam Semalam, Sejumlah Titik Jalan Di Kecamatan Sayan Tertimbun Tanah Longsor

Melawi, Infosatunews.com - Kecamatan Sayan dilanda hujan secara terus menerus selama sehari semalam. Akibatnya, beberapa desa yang ada di Kecamatan Sayan dilanda tanah longsor. Khususnya 4 (empat) desa yang ada dalam kota Kecamatan Sayan, Siling Permai, Nanga Sayan, Sayan Jaya dan Lingkar Indah. Kamis (09/07/20)

Untuk daerah Desa Siling Permai tanah longsor hanya terjadi dipinggir jalan dan tidak membawa dampak yang berarti bagi masyarakat sekitar, lain hal dengan yang terjadi di Desa Lingkar Indah, tanah longsor menutupi sebagian jalan Provinsi Sayan - Kota Baru hingga menyebabkan sulitnya moda transportasi untuk lewat, baik tujuan Kecamatan Sayan, maupun Kecamatan Tanah Pinoh dan Kecamatan Sokan.

Sementara itu, di Desa Nanga Sayan khususnya di Dusun Muara Segilik tanah longsor menyebabkan kerugian bagi warga sekitar dan walau tidak ada korban jiwa. Karena tanah longsor ini menutupi jalur sungai segilik yang menyebabkan meluapnya air sungai dan membanjiri kolam ikan warga sekitar yang menyebabkan hanyutnya ikan dari kolam ke sungai segilik. “karena ini musibah, kami sangat bersyukur masih selamat dan untuk ikan kami sudah pasrah. Tanah longsor terjadi sekitar jam 04.00 WIB saat hujan turun dengan derasnya ”, ungkap Didit. Terhitung di Dusun Muara Segilik Desa Nanga Sayan ada 6 keluarga yang terdampak oleh tanah longsor ini.

Tanah longsor juga melanda Desa Sayan Jaya Dusun Muara Comat. Tanah menghantam rumah warga sehingga menyebabkan kerusakan parah pada pondasi rumah. Adjerul Adzim  yang merupakan anak dari pemilik rumah yang terkena longsoran mengungkapkan bahwa “Ibu saya tinggal sendiri dirumah ini, saya sangat bersyukur ibu saya tidak kenapa-kenapa, tanah longsor ini terjadi sekitar habis subuh saat hujan turun dengan derasnya. Kerugian yang kami alami adalah kerusakan rumah dan alat rumah tangga”, ungkap Adjerul Adzim.

Bapak Abdul Hadi selaku tokoh masyarakat Kecamatan Sayan yang juga turut membantu proses evakuasi barang dan memindahkan tanah, menyatakan bahwa “kami sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah, karena ini merupakan bencana alam dan menyebabkan kerugian yang sangat besar bagi masyarakat Kecamatan Sayan khususnya desa yang terkena musibah tanah longsor”, ungkapnya.

Penulis : Ahirul Habib Padilah, S.IP., M.I.Pol

Publis : Bagus Afrizal

 


Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.