Gratis, Dinkes Melawi Salurkan Obat Kaki Gajah

Melawi, Infosatunews.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi dalam dua tahun terakhir ini membagikan obat kaki gajah secara geratis kepada masyarakat melalui Pusat Kesehatan Masyarakat yang ada di Kabupaten Melawi dari mulai setiap bulan Oktober.

Secara serentak memakan obat yang untuk pencegahan terhadap penyakit Filariasis sampai tahun 2020 dan ini merupakan tahun yang kedua dilaksanakan memakan obat secara serentak setiap bulan oktober diseluruh Indonesia yang merupakan daerah endemis penyakit filariasis.

Sehubungan di Melawi masih ada pasien yang mengidap penyakit kaki gajah khususnya terkonsentrasi di Desa Bata Luar Kecamatan Tanah Pinoh Kabupaten Melawi ada enam kasus yang terdata oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi. Memang di Kabupaten Melawi tidak banyak ditemukan kasus kaki gajah, tapi sekali kena pasien akan cacat seumur hidup.

“ Walaupun yang sudah terlanjur kena dan tidak bisa disembuhkan lagi seperti kaki yang bengkak kembali seperti biasa, namun tidak akan menularkan kepada yang lain dengan cara seluruh masyarakat untuk meminum obat pencegahan kaki gajah, agar tidak terjadi penyebaran lebih lanjut, “ terang dr. Ahmad

Dinkes melalui Kapuskesmas akan membagikan secara gratis, karena sekolah-sekolah masih libur, maka kami akan datang lansung ke desa-desa agar masyarakat lebih mudah mendapatkan obat kaki gajah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi dr. Ahmad Jawahir berharap selama dua tahun programnya, mudah-mudahan penyebaran penyakit kaki gajah bisa hilang.

" Kami berharap 2020 sudah tidak ada lagi kasus kaki gajah, asal rutin minum obat. Kami juga mengharapkan adanya peran Puskesmas dan perangkat Desa setempat  untuk sama-sama menggalakkan agar masyarakat mau minum obat," tandasnya.

Penulis : Bagus Afrizal

Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.