Ini Kronologis Kebakaran 8 Unit Ruko Yang Akibatkan Korban Jiwa 4 Orang

Melawi, Infosatunews.com - Kebakaran 8 unit Ruko ( Rumah Toko ) di jalan Nanga Pinoh - Kota Baru Km. 1 Desa Paal Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi, tepat berseberangan dengan Mapolsek Nanga Pinoh. Kejadian : Pada hari Rabu tanggal 7 Oktober 2020 sekira pukul 23.30 WIB.



Akibat kejadian Korban Jiwa 4 (empat) Orang Meninggal Dunia, bangunan terbakar terdiri dari :

1.  1 (satu) Unit Ruko Bengkel "Seven 8 Motor" milik Sdr. MARIANTO (asal api).

2.  1 (satu) Unit Ruko RM. Satria.

3.  1 (satu) Unit Ruko Kedai/Cafe "Milennial 87".

4.  4 (empat) Unit Ruko Dinas Arpusda Kab. Melawi.

5.  1 (satu) Unit Ruko Warung dan Cucian Motor "Cucian 99".


Kronologis : Berdasarkan keterangan para Saksi, sekira pukul 23.30 WIB, Api pertama kali terkihat pada Ruko Bengkel yang dikelola oleh Sdr. MARIANTO als. RIKO yang dengan cepat membesar dan kemudian meluas ke Ruko Rumah Makan Satria, Ruko Kedai "Milennial 87" dan Ruko Dinas Arpusda Kab. Melawi serta Deretan Ruko milik Sdr. H. SUKARMAN (Warung, Cucian Motor). Kemudian, sekira pukul 00.08 WIB, 3 (tiga) Unit Mobil Pemadam Kebakaran BS-PBK Nanga Pinoh, disusul dengan 1 (satu) Unit Mobil Pemadam Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran dan 1 (satu) Unit mobil AWC polres melawi dikerahkan untuk memadamkan api.


Sekira pukul 01.20 WIB, api berhasil dipadamkan dan dilakukan pencarian terhadap 4 (empat) Orang Korban yang menurut keterangan Korban Selamat a.n. MARIANTO als. RIKO masih berada di dalam ruko bengkel. Sekira pukul 01.30 WIB, keempat Korban ditemukan dalam keadaan sudah meninggal dunia akibat terperangkap dalam api dan jenazah keempat korban langsung dievakuasi ke RSUD Kab. Melawi.


Berdasarkan keterangan Sdr. MARIANTO als. RIKO (Korban Selamat), pada saat kejadian, Korban bersama dengan Istri dan 4 (empat) Orang Anaknya sedang tertidur dalam kamar terpisah _(Sdr. MARIANTO als. RIKO dan Anaknya a.n. DAVID ALBERTO yang mengalami Luka Bakar berada dalam satu kamar bagian belakang ruko, sedangkan Istrinya dan 3 (tiga) Orang anaknya yang meninggal dunia berada dalam satu kamar di bagian depan ruko)_. Pada saat Sdr. MARIANTO als. RIKO terbangun, api sudah dalam keadaan membesar di dalam rumah dan langsung keluar dari kamar bersama Sdr. DAVID ALBERTO dan mencoba menyelamatkan Istrinya bersama Ketiga Anak Lainnya berteriak meminta pertolongan dari kamarnya yang pintunya dalam keadaan terkunci dari dalam, namun dikarenakan api telah membesar sehingga mengakibarkan Sdr. DAVID ALBERTO langsung mengalami luka bakar pada kedua tangannya dan Sdr. MARIANTO als. RIKO menyuruhnya keluar dari ruko melalui pintu belakang untuk mencari pertolongan, dan kwmudian Sdr. MARIANTO als. RIKO dengan menggunakan handuk yang dibasahkan mencoba kembali menerobos api, namun dikarenakan api yang terlalu besar dan memenuhi ruangan membuat Sdr. MARIANTO als. RIKO tidak dapat mendekati kamar tempat Istrinya dan Ketiga Anaknya tersebut dan terpaksa keluar dari ruko melalui pintu belakang dan meminta pertolongan. Sdr. MARIANTO als. RIKO dan Sdr. DAVID ALBERTO kemudian dievakuasi oleh Personel Polres Melawi ke RS. KBJ untuk mendapatkan pertolongan medis.

Sumber : Humas Polres Melawi / Arbaim

Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.