Dewan Ingatkan TNI-POLRI Netral Dalam Pilkada Sintang

 


SINTANG-Dalam Pilkada 9 Desember 2020 mendatang Anggota DPRD Sintang Tuah Mangasih berharap kepada TNI dan Polri agar berkomitmen menjunjung tinggi Netralitas dalam pelaksanaan Pilkada 2020 di Kalimantan barat. Mereka menjadi kunci dalam mengamankan pemilihan serentak 2020,agar tidak menjadi gejolak sosial dan konflik yang bisa mengganggu jalannya perhelatan Politik tersebut,ujarnya kepada media ini Kamis 19 November 2020.

Kita berharap TNI akan konsisten dengan aturan yang ada, bahkan diharapkan dia bawa secara umum sejauh ini netralitas masih tetap menjadi hal yang prioritas. Apabila ada TNI yang tidak netral, bila ada TNI yang melakukan upaya-upaya mendorong salah satu kontestan dan sebagainya maka itu dikategorikan tidak netral dan itu tentu dari kesatuan mereka jelas ada sanksi,katanya.

Menurutnya, terkait pelaksanaan Pilkada yang berlangsung di masa pandemi covid-19, dari mulai masyarakat mendekati lokasi TPS, mengatur lokasi parkir, saat di TPS sampai dengan mekanismenya. Semua mekanisme kita laksanakan protokol kesehatan dengan harapan pelaksanaan Pilkada ini bisa berlangsung secara aman, jujur adil dan tidak ada potensi munculnya kluster TPS nanti pada saat pilkada ini.

Ia juga meminta agar pihak keamanan juga melakukan pemetaan terhadap wilayah yang berpotensi terjadinya konflik, dengan beberapa pola pengamanan. Personil yang ada, selalu di siap siagakan mereka, terlebih jika sewaktu-waktu terjadi kontingensi dengan eskalasi yang tinggi terjadi. Jadi setiap tahapan Pilkada dari mulai pendaftaran sampai pada nanti pelantikan itu harus diawasi oleh pihak keamanan dengan kekuatan-kekuatan pengamanan dari POLRI dan TNI baik kekuatan-kekuatan terbuka secara preventif maupun kekuatan-kekuatan pengamanan tertutup,katanya.(***)


Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.