Dewan Minta Masyarakat Tumbuhkan Ekonomi Kreatif

 


SINTANG-Anggota DPRD Sintang Liyus terus mendorong masyarakat untuk meningkatkan ekonomi kreatif, untuk menunjang perekonomian masyarakat Kabupaten Sintang, misalnya Tenun Ikat Dayak yang saat ini sudah dikenal sampai keluar Negeri ini harus kita kembangkan, katanya kepada media ini Jum’at 13 November 2020.

Menurutnya, bentuk program ini sesuai dengan arahan Pemerintah pusat dalam rangka bagaimana kita menghadirkan ekonomi kreatif ini sebagai kekuatan utama untuk mendorong peningkatan ekonomi di masa Pendemi covid 19, dan ini terbukti sangat membantu penenun, dan Ekonomi kreatif lainnya juga perlu kita kembangkan,katanya.

Ia juga meminta kepada instansi terkait yakni Dinas Periwisata dan Dinas perdagangan untuk membantu penenun,dalam menjualhasil karyanya dengan nilai jual yang lebih tinggi, dengan demikian akan memudahkan untuk hilirisasi dari penjualan produk tersebut dipasarkan,ulasnya.

Terkait kerajinan tangan selain tenun juga ada anyaman, makanan khas, kita berharap dari hasil pelatihan tersebut dapat menambah ekonomi masyarakat dan keluarga, serta mendorong kekuatan ekonomi serta apa yang menjadi unggulan kita agar terus kita kembangkan,dan Pemerintah dalam hal ini punya kewajiban untuk member Lisensi untuk hasil karya tangan tersebut,bebernya.

Selain itu masih banyak komoditas ataupun bahan-bahan lokal yang bisa menjadi nilai jual yang tinggi seperti ubi, pisang dan lainnya. Nah, saya lebih mengolah dan fokusnya bahan lokal.jadi nanti ada roti di mana roti bahan dasarnya memang dari produk lokal, bisa kita kembangkan,katanya.

Sementara itu Lena salah seorang penenun di Sintang mengatakan, bahwa selama masa Pendemi dirinya merasa bersyukur masih bisa menghasilkan pundi-pundi Rupiah, dengan hasil penjualan dari hasil tenunannya, meski pembeli juga menurun,menurutnya tidak membuat semangatnya lemah, karena sudah menjadi kerjaan pokok bagi kami,dan kita mau mengerjakan pekerjaan yang lain rasanya juga kaku. Kami berharap kondisi Pandemi Covid 19 segera usai, dan masyarakat kita bisa berkarya dan pembeli bisa normal kembali,harapnya.(***)


Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.