Penutupan Pelaksanaan MTQ Ke-XXIX Kabupaten Sintang

 


Sintang - Staf Ahli Bupati bidang Perekonomian, Pembangunan dan Keuangan, Igor Nugroho, menutup secara resmi pelaksanaan kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX Tingkat Kabupaten Sintang tahun 2021, selama 4 hari dimulai dari tanggal 23 Juli 2021 hingga 27 Juli 2021, yang dilaksanakan di Gedung Pancasila Sintang, pada Selasa, 26 Juli 2021. 

Dalam sambutan Bupati Sintang yang dibacakan oleh Staf Ahli Bupati bidang Perekonomian, Pembangunan dan Keuangan, Igor Nugroho menjelaskan bahwa Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) merupakan sarana untuk mendorong para generasi muda untuk meningkatkan kualitas bacaan, hafalan, dan pemahaman terhadap Al-Quran, “maka MTQ ini dirasa sangat penting, kedepannya akan lahirnya generasi emas yang terikat dengan Al-Quran dan nemiliki semangat yang kuat untuk menguasai teknologi dan terus berinovasi untuk kepentingan bangsa dan negara”, kata Igor.


Dengan telah dilaksanakannya MTQ ke-XXIX tingkat Kabupaten Sintang, Igor mengingatkan kepada seluruh peserta untuk tidak boleh berhenti sampai disini saja, “kegiatan MTQ ini tidak akan menjadi hal yang sia-sia apabila tidak meninggalkan bekas ditengah-tengah masyarakat, maka dari itu kita harus memperhatikan keterlibatan dan tanggung jawab seluruh elemen umat dan Pemerintah, agar penyelenggaraan kegiatan seperti ini didukung dan digalakkan untuk memberikan pengaruh positif dan dapat dirasakan secara nyata dalam perkembangan kehidupan masyarakat kedepannya”, ujarnya. 


Igor menambahkan bahwa melalui MTQ maka semangat membaca Al-Quran, memahami dan mengamalkan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari, “jangan hanya tumbuh sesaat untuk kemudian layu kembali, ini harus dipandang sebagai kebutuhan bagi setiap Umat Muslim, mudah-mudahan dengan pelaksanaan MTQ semakin menambah semangat membaca Al-Quran, menambah wawasan, penghayatan dan cinta kita terhadap Al-Quran”, tambah Igor. 


Tak lupa juga Staf Ahli Bupati bidang Perekonomian, Pembangunan dan Keuangan, mengucapkan terimakasih kepada Panitia dan para peserta yang telah hadir dan mengikuti kegiatan MTQ ke-XXIX tingkat Kabupaten Sintang tahun 2021, “pada kesempatan yang baik ini saya sampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia Musabaqah Tilawatil Qur’an XXIX Kabupaten Sintang tahun 2021, atas kerja kerasnya dalam penyelenggaraan Mtq Tingkat Kabupaten Sintang Yang Ke-29 Tahun 2021, sehingga berjalan lancar dan sukses, kepada semua peserta MTQ dari seluruh kecamatan saya atas nama Bupati Sintang mengucapkan terima kasih karena telah mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat Kabupaten Sintang ini dengan baik”, ucapnya.  


Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara MTQ ke-XXIX tahun 2021 tingkat Kabupaten Sintang, H. Anang Nurkhalis menyampaikan laporannya terkait pelaksanaan MTQ, “rencana yang kami susun sejak awal sampai akhir, berjalan dengan lancar, selama empat hari pelaksanaan kegiatan semuanya baik-baik saja, termasuk perlombaan yang digelar dibeberapa tempat seperti Gedung Pancasila Sintang, Masjid Al-Amin Sintang, Masjid An-Nur Sintang, Aula MTsN Sintang, dan STAIMA Sintang”, kata H. Anang. 


H. ANang juga menjelaskan terkait pembagian hadiah dan pengumuman lomba pada pelaksanaan MTQ ke-XXIX tingkat Kabupaten Sintang tahun 2021 dalam kondisi pandemic covid-19, “kami sampaikan bahwa saat ini didalam kondisi Pandemi Covid-19, seusai pertandingan / perlombaan dilaksanakan, maka langsung kami umumkan para pemenang / juara pada perlombaan tersebut di tempatnya masing-masing”, jelasnya. 


H. Anang menyampaikan terimakasih kepada seluruh komponen yang terlibat dalam pelaksanaan MTQ ke-XXIX Tingkat Kabupaten Sintang tahun 2021, “saya selaku Ketua Panitia mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang yang telah mendukung, membantu kami panitia dari segi keuangan, pemikiran dan fasilitas pendukung lainnya, sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar, termasuk juga para satgas Covid-19, tim Kesehatan, terlebih juga kepada Dewan Hakim yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik, sehingga pelaksanaan MTQ ke-XXIX dalam kondisi yang sederhana dapat berjalan dengan baik dan lancar”, ucapnya. 


Kemudian, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Sintang, H. Abdurrasyid menyampaikan rasa bangga melihat para Kafilah dari Kecamatan se-Kabupaten Sintang bisa turut serta dalam pelaksanaan kegiatan MTQ ke-XXIX tingkat Kabupaten Sintang tahun 2021, “saya terharu dan bangga kepada Kafilah yang hadir, mengingat di situasi ekonomi yang sulit, disituasi pandemi covid-19, semua kafilah dari Kecamatan yang jauh dengan ibukota Kabupaten dapat hadir, ini merupakan suatu kebanggaan, ditambah lagi dengan selama kegiatan berlangsung sangat khidmat didalam kondisi yang sangat terbatas saat ini, dan saya merasakan puas dengan penyelenggaraan kegiatan MTQ XXIX tahun 2021 ini”, kata H.Abdurrasyid.


Sementara itu, Sekretaris Panitia MTQ ke-XXIX tingkat Kabupaten Sintang tahun 2021, Joni MY menjelaskan hasil pemenang berdasarkan Keputusan Dewan Hakim MTQ ke-XXIX tahun 2021, “Kecamatan yang meraih peringkat / juara pada pelaksanaan kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX Tingkat Kabupaten Sintang tahun 2021 yang dilaksanakan selama 4 hari yakni, Juara 13 Kecamatan Ketungau Hulu, Juara 12 Kecamatan Binjai Hulu, Juara 11 Kecamatan Ketungau Tengah, Juara 10 Kecamatan Ketungau Hilir, Juara 9 Kecamatan Ambalau, Juara 8 Kecamatan Kayan Hulu, Juara 7 Kecamatan Sepauk, Juara 6 Kecamatan Tempunak, Juara 5 Kecamatan Serawai, Juara 4 Kecamatan Sintang, Juara 3 Kecamatan Dedai, Juara 2 Kecamatan Kelam Permai, Juara 1 (Juara Umum) Kecamatan Sungai Tebelian”, jelasnya.(pkm)

Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.