Apresiasi Bupati Melawi Terhadap Pencetakan KIA Sudah Lampaui Target Nasional


Melawi, Infosatunews.com -
Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa mengapresiasi pencetakan kartu identitas anak (KIA) di Kabupaten Melawi telah melampaui target nasional sebesar 40%. Hal tersebut diungkapkannya ketika membuka secara resmi kegiatan rapat sosialisasi dan fasilitasi terkait pendaftaran penduduk tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Kalimantan Barat dan Disdukcapil Kabupaten Melawi, Rabu (18/05/2022) di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Melawi.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja jajaran Disdukcapil Kabupaten Melawi, dan dukungan dari semua pihak termasuk Disdukcapil Provinsi Kalimantan Barat sehingga target pencetakan KIA di Kabupaten Melawi telah mencapai target nasional”, ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati meminta seluruh jajaran Disdukcapil, Camat, Kepala Desa, dan Kepala Sekolah untuk dapat mendukung dan bekerja keras dalam mengejar target perekaman KTP Elektronik dan cakupan akta kelahiran pada anak usia 0-18 tahun di Kabupaten Melawi.

“Berdasarkan data Disdukcapil Kalimantan Barat, hingga per 15 April 2022, capaian perekaman KTP-el kita baru mencapai 93,20%, dan cakupan akta kelahiran pada anak usia 0-18 tahun sebesar 84,81%, sehingga masih diperlukan kerja keras kita semua dalam mengejar target yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah yakni 99% untuk perekaman KTP-el dan 95% untuk penerbitan akta kelahiran”, ujarnya.

Bupati juga berharap Disdukcapil Kabupaten Melawi untuk melaksanakan jemput bola dengan melakukan perekaman ke sekolah-sekolah sehingga diharapkan dapat mengejar capaian target yang harus segera dicapai atau diwujudkan.

“Perlu langkah-langkah yang harus diintesifikasi dalam mendukung percepatan pencapaian target kinerja perekaman dan pencetakan KTP-el dengan melaksanakan beberapa pelayanan langsung seperti yang kita laksanakan hari ini yakni rekam cetak KTP-el, cetak KIA, dan update KK, serta jemput bola ke sekolah-sekolah”, terangnya.

Menutup sambutannya, Bupati berharap kegiatan rapat sosialisasi dan fasilitasi terkait pendaftaran penduduk tahun 2022 yang dilaksanakan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan, serta sebagai evaluasi perkembangan pelaksanaan program kegiatan administrasi kependudukan, dan perkembangan pemanfaatan database kependudukan di Kabupaten Melawi.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan Fasilitasi terkait Pendaftaran Penduduk, Surianata, S.Pd mengatakan kegiatan dilaksanakan dalam rangka mendukung Pemerintah Kabupaten/Kota meningkatkan target capaian pelayanan rekam cetak KTP-el, cetak KIA, khususnya bagi pemilih pemula, update KK dan dokumen kependudukan lainnya.

“Selain itu kegiatan ini dimaksudkan untuk menyebarluaskan informasi dan pemahaman bersama semua aparatur Disdukcapil Kabupaten/Kota dan kepada para pihak terkait lainnya”, ungkapnya.

Lebih lanjut, Surianata mengatakan berdasarkan laporan kinerja tanggal 28 April 2022, jumlah pencetakan KIA sudah mencapai 25.457 (40,55%) dari wajib KIA sebesar 62.394, dan menurutnya Kabupaten Melawi telah melampaui target nasional sebesar 40%.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Disdukcapil Provinsi Kalimantan Barat, Yohanes Budiman, S.IP.,M.Si mengungkapkan masih ada 3.871 atau 2,29 % yang belum melakukan perekaman dan yang belum memiliki KIA sebesar 37.330 jiwa, meskipun pencetakan KIA di Kabupaten Melawi telah mencapai target nasional 40%.

“Saya berharap agar jajaran Disdukcapil Kabupaten Melawi terus bersemangat dan bekerja keras untuk mencapai target kerja kita bersama dengan tetap terus mempedomani berbagai regulasi terkait administrasi Kependudukan," ujarnya.

Sumber : Humas/Fariz

Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.