SIS diundang dalam kegiatan Pembentukan Panitia Pemetaan di Desa Tertung

 


Sintang - Desa Tertung menjadi desa yang strategis dalam pelaksanaan percepatan pemetaan di Kecamatan Sintang mengingat posisinya yang berada di antara empat desa lainnya yang juga belum selesai proses penegasan batas desanya.

SIS yang berkomitmen dalam mendukung percepataan pemetaan desa di Kecamatan Sintang selain mengintervensi dua desa yaitu Desa Mertiguna dan Tebing Raya juga akan membantu desa lainya termasuk desa Tertung dalam peningkatan kapasitas dan koordinasi pada pelaksanaannya.

Kegiatan yang dilaksanakan di kantor desa tertung pada tanggal 28 Juli 2022 ini di hadiri oleh perangkat desa dan tokoh-tokoh masyarakat desa tertung. Kegiatan dibuka oleh Kepala Desa Tertung (Syarifudin) beliau menyampaikan bahwa desa tertung sendiri sudah pernah membentuk tim pemetaan pada tahun 2019 melalui penganggaran Dana Desa namun pelaksanaannya terkendala mengingat pelaksanaan pemetaan ini merupakan misi bersama yang harus dilaksanakan secara partisipatif antara masyarakat desa dan pemerintahan desa maupun dengan desa yang bedampingan demi mencapai kesepakatan, selain itu lemahnya kapasitas dalam pengunaan alat GPS dan pengolahan data koordinat menjadi salahsatu faktor yang menghambat percepatan pemetaan didesa.

 Menanggapi hal tersebut SIS menyampaikan bahwa sangat mendukung Inisiatif yang dimiliki desa tertung , SIS mengupayakan pemetaan yang partisipatif yang mana dalam pelaksanaan pemetaan tetap perlu melibatkan masyarakat desa oleh karena itu diperlukan kesepemahaman masyarakat dalam melihat pentingnya pemetaan ini, SIS siap mendukung dalam peningkatan kapasitas masyarakat dengan melatih kemampuan teknis penggunaan GPS dan mengolah data hingga menjadi peta desa.

Diskusi dilanjutkan dengan memetakan batas-batas desa oleh tokoh-tokoh masyarakat yang mengetahui sejarah batas desa dan penyepakatan panitia pemetaan di desa tertung, Kepala Desa tertung berkomitmen bahwa pada tahun ini desa tertung dapat menyelesaikan proses pemetaan dan telah memiliki batas desa.

Rencana tindak lanjut dari kegiatan ini adalah pelatihan penggunaan GPS kepada masyarakat desa yang di bantu oleh SIS yang harapannya desa Tertung dan desa-desa lainnya di Kabupaten SIntang dapat melakukan pemetaan secara mandiri.(sis)

Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.