BPD Jerora 1 Manfaatkan Tanah Desa Dengan Maksimal

Sintang pada hari Senin tanggal 16 Januari bertempat di Kantor Desa Jerora 1, Suparna selaku ketua BPD Desa Jerora 1 mengatakan untuk PAD Desa Jerora 1 belum ada kemungkinan untuk tahun depan sudah ada, Desa Jerora 1 ingin penanaman modal dari kas Desa kebetulan ada tanah kosong kemudian di manfaatkan untuk penanaman sawit untuk tahun 2023 ini, luas tanah yang akan di gunakan cukup luas sekitar 7ha lebih tetapi untuk tahun ini mungkin hanya mampu 2ha dan akan bertahap itupun untuk ketahanan pangan tingkat Desa. sawit tersebut akan di tanam di tanah kas Desa di samping SMP 7 Sintang.

Untuk Muslembang Suparna mengatakan Dusun akan mengadakan rapat Intern apa usulan-usulan yang ingin masuk ke Desa sehingga untuk Muslembang tidak memakan waktu lama dan usulan dari warga biasanya berupa bantuan, rehap jalan, jalan tani untuk dari kepemudaan yaitu lapangan olahraga.
Suparna juga mengatakan selaku ketua BPD mengatakan, pada prinsipnya kami sebagai BPD menunjang segala kegiatan apa yang di usulkan oleh warga jadi usulan warga ke Dusun kemudian setelah ke Dusun sampai kan ke Desa kemudian masuk ke Muslembang dan akan di bicarakan, kalau Desa bisa handle pasti akan di handle, kemudian jika biaya besar akan mencari dari Aspirasi Dewan.

Kami selalu mendukung kegiatan-kegiatan Desa selain pengawasan selalu dukung kegiatan supaya dapat berjalan dengan lancar jangan sampai para pengurus Desa dan BPD bentrok akan tetapi selalu sinkron jadi setiap satu atau dua bulan selalu adakan pertemuan apa yang menjadi kendala, katanya. Selain itu pengurusan sertifikat pada Tahun 2022 ada PTSL dan mendapat 150% untuk tahun ini mungkin dapat lagi dan untuk tanah kas Desa seperti tanah adat akan dibuatkan sertifikat menggunakan dana desa untuk tahun lalu 2 dan tahun ini akan dianggarkan 2 karena masih banyak tanah adat belum memiliki sertifikat, sampainya.(ISN)

 

Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.