Dimas Katakan, DBD Jadi Perhatian Khusus Puskesmas Tanjung Puri


Sintang Pada hari Senin tanggal 16 Januari 2003 pada saat Musrembang di tingkat Desa Baning kota dari pihak Puskesmas Tanjung Puri Dimas Eko kuspriyanto menjelaskan mengenai terkait kasus DBD dan Posyandu, Seperti yang kita ketahui Penyakit Demam Berdarah Dengue adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue ditularkan kepada manusia melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albocpictus.

Gejala yang akan muncul seperti ditandai dengan demam mendadak, sakir kepala, nyeri belakang bola mata, mual dan menifestasi perdarahan seperti mimisan atau gusi berdarah serta adanya kemerahan di bagian permukaan tubuh pada penderita. Untuk DBD baik kasus kematian maupun kasus yang memang positif DBD sampai lah nanti pada saat penentuan di daerah tersebut akan dilakukan fogging, sampainya.

Untuk saat ini sedang berjalan untuk berantas nyamuk baik itu nyamuk DBD dan lain sebagainya, untuk pelapor kasus misalnya ada kasus positif DBD itu bisa melapor pada RT atau biasanya ada dari Dinas kesehatan karena alurnya ada yang darinya kesehatan kemudian ada yang langsung ditemukan saat pemeriksaan DBD.

Dimas Eko Kuspriyanto menambahkan, jadi semua kasus di itu baik yang aktif maupun pasif kemungkinan memang wajib untuk dicek kebenarannya dengan melakukan pelacakan dengan mendatangi wilayah tersebut kemudian jika ada 3 kasus saja yang mengalami positif DBD maka akan dilaksanakan kegiatan fogging fokus tetapi jika hanya 1 kasus akan melakukan pemberantasan nyamuk, sampainya.

Untuk fogging pencegahan yang dilakukan ke seluruh tempat umum terutama Sekolah Dasar dan rumah ibadah, dan untuk terkait kegiatan Posyandu memang untuk Posyandu ini salah satu kegiatan yang berbasis masyarakat untuk Posyandu ada untuk balita, lansia dan lansia pasyandu posbindu,katanya.(ISN)

 

Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.