Sekcam Ketungau Tengah Berharap Desa Gunakan ADD Dengan Baik


Sintang, Usai acara natal bersama yang bertempat di halaman kantor BPBD Sintang pada tanggal 10 Januari 2023 pihak media mewawancarai Bapak Benyamin selaku Sekretaris Camat Ketungau Tengah Kabupaten Sintang Bapak Benyamin membicarakan terkait program pada tahun 2023 ini. Program pada tahun 2023 berfokus di pemberdayaan masyarakat di desa-desa supaya muncul program dari tingkat Kecamatan dan Desa agar Masyarakat bisa lebih mandiri lagi.

Untuk meningkatkan kesejahteraannya dana ADD dapat di berdayakan dengan maksimal untuk pemberdayaan masyarakat. Kemudian meningkatkan kapasitas perangkat desa dan kelembagaan desa supaya mereka bisa bekerja dengan maksimal untuk kedepannya. karena memang fokus nya pada tahun ini pada pemberdayaan masyarakat agar masyarakat lebih merasa sejahtera.

Pemberdayaan masyarakat adalah proses pembangunan di mana masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial untuk memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri. Pemberdayaan masyarakat hanya bisa terjadi apabila masyarakat itu sendiri ikut pula berpartisipasi. Suatu usaha hanya berhasil dinilai sebagai “pemberdayaan masyarakat” apabila kelompok komunitas atau masyarakat tersebut menjadi agen pembangunan atau dikenal juga sebagai subjek.

Sementara itu menurut salah seorang warga Andi misalnya, pemberdayaan masyarakat saat ini sangatlah penting apalagi saat ini masyarakat kita sedang dalam kondisi krisis ekonomi, besar harapan kami sebagai masyarakat anggaran dana desa yang ada dapat dipergunakan untuk kebutuhan masyarakat, dan tidak disalah gunakan oleh Kepala Desa dan juga perangkatnya untuk kepentingan pribadi.
Kami juga berharap pemerintah bisa memperhatikan akses jalan yang mana saat ini kondisi jalan kita ketahui di Kabupaten Sintang, masih banyak jalan-jalan yang rusak, tentu hal ini akan menggunggu proses perekoniman dan mobilisasi barang, yang akibatnya harga barang dimasyarakat menjadi tinggi sementara harga barang masyarakat komoditi karet misalnya dinilai sangat murah.(ISN)

Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.