Widget HTML #1

Tiga Kebutuhan Vital Masyarakat Desa Empaka Kebiau Raya Perlu Perhatian Khusus

 

Aris Jono Kades Empaka Kebiau Raya

Sintang, 10/01/2023. Memasuki Tahun 2023 masih banyak Desa yang terus berbenah guna mencapai kesejahteraan bersama masyarakat desa. Hal tersebutlah Yang di upayakan Oleh Desa Empaka Kebiau Raya Kecamatan Binjai Hulu Kabupaten Sintang Kalimantan Barat, Sepert Di sampaikan Oleh kepala Desa Empaka Kebiau Raya Aris jono Senin 09 januari 2023.

Aris jono Kepala Desa EKR yang baru saja di lantik untuk periode 2022-2026 tersebut menyampaikan, masih banyak hal yang perlu di benahi di desanya, termasuk tiga hal penting yang masih perlu perhatiuan khusus, yaitu Jalan dan jembatan, Pendidikan, serta Kesehatan.

Aris menyampaikan Desanya yang hanya berjarak belasan kilo saja dari pusat kota sintang tersebut, juga belum menjamin kesejahteraan pembangunan di desanya, terbukti dengan kondisi jalan yang masih sangat rusak, di tambah sekolah yang masih swasta serta kondisinya yang mulai memprihatinkan. Sementara di bidang kesehatan juga sudah lama kosong tidak di isi oleh tenaga kesehatan (Bidan).

“Selaku Kepala Desa terpilih, mungkin yang dapat Saya sampaikan kepada pemerintah kabupaten untuk benar-benar memperhatikan yang pertama adalah infrastruktur seperti jalan dan juga masalah bidang  Kesehatan dan juga Penddikan. Karena memang di Desa Empaka Kebiau Raya ini ke tiga item yang Saya sebutkan tadi benar-benar belum tersentuh oleh Pemerintah daerah,” Jelas Aris

Aris Menggambarkan Di Desa Empaka Kebiau Raya memang memiliki sekolah, Namun sangat di sayangkan karena Masih swasta, serta gedung sekolah yang mulai memprihatinkan. Aris berharap ada perhatian khusus dari Pemda dan Dinas terkait, supaya bisa membantu agar sekolah di desanya Dapat di Negerikan. sementara untuk bidang Kesehatan Aris sangat menyayangkan karena sudah lama tidak ada tenaga kesehatan yang menetap di desa sejauh ini. Aris juga berharap Pemda dan Jajarannya Bisa meninjau langsung kondsi fisik di desa Empaka Kebiau Raya, supaya mendapat gambaran langsung bagaimana situasi dan kondisi di desanya saat ini

“Harapan saya, Pemda (Bupati/jajarannya) untuk sesegera mungkin meninjau langsung ke lokasi atau ke Desa, supaya tau bagaimana situasi dan kondisi di desa Empaka Kebiau Raya,” harap Aris

Aris juga menegaskan Pihaknya selaku Kepala Desa beserta jajaran pemerintah Desa tentu akan semaksimal mungkin dengan kemampuan sumber daya yang di miliki Desa Empaka Kebiau Raya Untuk memajukan Desa. Melalui struktur pemerintahan Desa yang baru, Aris menegaskan desa Empaka Kebiau Raya sudah menyusun beberapa program pemerintahan Desa Di antaranya adalah Meningkatkan pembanguan fisik dan Non fisik di segala bidang, Meningkatkan kualitas SDM yang sadar akan pentingnya pendidikan, Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di bidang pertanian dan perikanan.

Namun Aris kembali menegaskan fokus utama saat ini tentu adalah Tiga item yang menjadi kebutuhan Vital Masyarakat Desa Empaka Kebiau Raya saat ini yaitu; Jalan/jembatan, Pendidikan serta Kesehatan.

Sementara itu salah satu warga Desa Empaka Kebiau Raya Yang enggan di sebutkan namanya menyampaikan bahwa Bukan tidak pernah Pemerintah kabupaten terkhusus bupati berkunjung ke Desa Empaka Kebiau Raya, namun sangat di sayangkan tidak pernah meninjau langsung bagaimana situasi dan kondisi sekolah serta layanan masyarakat yang ada di desanya.

“Pernah beberapa kali, mungkin satu atau dua kali salah satunya peresmian PLN waktu itu, Tapi sayang (Bupati) tidak pernah melihat Situasi Sekolah Dan layanan masyarakat di sini secara langsung, karena setiap kesini selalu hanya sampai di dusun sengkuang hilir, sementara infrastruktur seperti jembatan, kantor desa, polindes dan sekolah adanya di dusun sengkuang hulu dan Dusun sengkuang Kebiau. Pak Melki (Wakil Bupati sintang saat ini) dulu pernah , Tapi itu sebelum beliau menjadi wakil, masih Dewan. Harapannya kalau kesini langsung ke hulu Pak.” Harap nya.



sumber/liputan Bersama ; wartasatunews

phubliser ; nfosatunews