Ketua DAD Kalbar Harap 9 Maret Sebagai Hari Peladang Daerah

 

Ketua DAD prov.kalbar Jakius Sinyor

Sintang.06/01/2023. Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Provnsi Kalimantan Barat Jakius Sinyor berharap Tanggal 9 maret dapat di jadikan hari peladang daerah. Hal tersebut di sampaikan jakius Sanyor saat melantik langsung Ketua DAD Sintang Terplih Jeffray Edward periode 2022-2027 di Rumah Betang Jerora satu sintang pada 5 januari 2023.

Jakius menegaskan sudah mengusulkan Tanggal 9 maret sebagai Hari Peladang daerah kepada Majelis Dewan Adat Dayak Nasional (MADN). Usulan tersebut menurut Jakius sebaga penghormatan kepada para peladang yang sempat di tahan d kabupaten sintang akibat aktivitas berladang masyarakat, jakius juga menegaskan dengan adannya aturan untuk peladang, maka peladang juga akan merasa aman dalam melakukan aktivitas berladang yang merupakan budaya yang sudah dilakuka masyarakat adat dayak secara turun temurun.

“pasca terjadinya sidang terhadap para peladang di Sintang. Kami juga mengusulkan tanggal 9 Maret sebagai hari peladang daerah kepada Presiden MADN. Pemprov Kalbar juga setelah kasus sidang bagi para peladang, Peraturan Gubernur Kalbar Nomor 1 Tahun 2020 tentang peladang, lalu ada Peraturan Daerah Kalbar Nomor 01 Tahun 2022 tentang peladang. Berladang merupakan cara hidup orang Dayak, dengan adanya aturan ini, maka masyarakat akan tenang dalam mencari nafkah dengan berladang” terang Jakius Sinyor

“Mei 2023 kita akan masuk musim berladang. Dengan aturan yang ada, lingkungan tetap dijaga. DAD di semua level wajib bekerjasama dengan pemerintah. Pengurus DAD jangan sampai melenceng dari AD dan ART yang ada. 2024 akan terjadi tahun politik. DAD jangan berpolitik praktis, karena DAD merupakan organisasi masyarakat. Internal DAD agar saling membantu dan bekerjasama. DAD juga wajib bekerjasama dengan organisasi masyarakat lain seperti MABM serta ormas yang lain. Jangan sampai terjadi yang tidak kita inginkan. Sintang termasuk daerah yang sering terjadi gesekan. Maka kerjasama dan saling komunikasi dengan suku lain sangat penting” pungkas Jakius Sinyor.

Jeffray Edward terpilih kembali sebagai ketua dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten sintang periode 2022-2027 untuk ke dua kalinya, setelah unggul pada saat voting yang dilakukan pada pelaksanaan Musyawarah Dewan Adat Dayak Kabupaten Sintang pada Sabtu, 19 November 2022 yang lalu di Hotel My Home Sintang. 


Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.